Sunday, May 30, 2010

Maverick Employee



Sangat sulit untuk mengelola para pekerja yang sangat dengan mudah dapat frustasi, tetapi banyak problem pekerja juga mempunyai efek positif jika manager dapat menggunakan kemampuan mereka dengan baik dan meminimalisasi problem. Pada artikel ini akan memperlihatkan maverick employee, orang yang senang melakukan kepentingan pribadi, tetapi mungkin memiliki beberapa kemampuan yang special.

Mengerti Maverick

Dia terlihat seperti memainkan dunia sendiri yang terpisah dari groupnya. Mereka cenderung untuk cuek dan tidak pernah sangat cocok dengan satu buah group. Maverick biasanya menantang cara yang sudah dilakukan, mencoba mencari cara baru agar terlaksananya segala hal, meskipun terkadang tidak membangun. Maverick sangat sulit untuk dikelola.

Maverick mempunyai banyak kontribusi terhadap organisasi karena mendorong setiap orang untuk melakukan hal yang berbeda. Sayangnya, maverick terkadang terlihat agresif dan pada kasus lain dapat menyebabkan ketakutan bila harus mengelola mereka.
Yang baik, yang buruk dan yang jelek

Organisasi butuh untuk memeriksa mereka sehingga mereka dapat berubah. Apa yang bekerja di tahun sebelumnya mungkin tidak bekerja di tahun ini, dan riset pada organisasi yang sukses menunjukan bahwa mereka mampu untuk melakukan reinvestasi. Sayangnya, banyak organisasi cenderung untuk mempertahankan cara yang lama dan tidak memukan cara yang terbaik.

Maverick akan merubah cara tersebut. Mereka akan secara konstan bertanya, terkadang teramat kritis, tetapi maverick yang baik akan menawarkan soluso dan alternative. Mereka menawarkan argumen yang sangat sulit diabaikan. Maverick yang kuat akan menganalisis dan mengevaluasi asumsi yang terjadi di dalam sebuah group.

Maverick dapat menciptakan kreativitas dan perubahan. Menciptakan lingkungan kerja Maverick dapat menambahkan nilai kontribusi, hubungan antara boss dan maverick dapat sangat menarik dan paling tidak terbebas dari animosity.

Sayang menciptakn kontribusi ini sangat mahal. Karena biasanya maverick akan cenderung merusak sebuah tim umumnya pada organisasi yang mempunya toleransi terhadap konflik yang sangat rendah. Mereka sangat sulit dikelola dan cenderung mengabaikan arahan bos. Problem lebih lanjut adalah bahwa mavericks bukanlah team player yang baik. Mereka agresif dan mengabaikan keputusan yang dibuat boss mereka. Ini adalah buruk.

Kejeleken adalah sangat jelek. Manakala mavericks sangat memiliki kemampuan dan pengetahuan. Mereka dapat menyediakan kontribusi positif dan mungkin mavericks sangat sempurna atas apa yang mereka lakukan. Tetapi jika mavericks tidak memiliki kemampuan dan pengertahuan, kontribusi mereka akan selalu buruk. Mereka dapat menciptakan konflik dan frustasi tanpa sesuatu yang bernilai atau ide yang beguna.

Situasi yang jelek terjadi manakala organisasi tidak menemukan kontribusi maverick. Sepanjang periode waktu, maverick berpindah menjadi seseorang yang tidak dapat diatur. Pada fase ini, organisasi menjadi sedikit toleran terhadap perilaku yang tidak bisa diatur. Sebagai solusinya manfaatkanlah employee maverick pada perusahaan anda, mejadi para pekerja yang dapat membangkitkan organisasi melalui berbagai inovasi.


Manajer dapat melakukan cara yang baik untuk memanfaatkan energi maverick employee, disamping bekerja dengan mereka untuk meminimalisasi efek negative dari gaya social maverick employee. Pada bagian yang besar, pendekatan manager adalah untuk menentukan apakah baik, buruk atau jelek. Dibawah ini adalah beberapa saran :

1. Dapatkan Sinyal Lurus Anda
Anda mungkin tidak akan mampu untuk mengurung maverick, tetapi anda dapat mengarahkan mereka. Trik ini sangat jelas mengenai bagaimana anda melihat kontribusi maverick employee terhadap organisasi dan meyakinkan kontribusi ini mungkin berbeda dengan pekerja lainnya. Trick sangat jelas mengenai bagaimana anda melihat kontribusi maverick employee pada organisasi, menentukan bahwa kontribusi ini mungkin berbeda dengan pekerja lainnya. Maverick membutuhkan untuk mengetahui apa yang anda ekspektasikan dan apa yang anda butuhkan.

2. Bekerja untuk penghargaan, bukan otoritas
Otoritas formal anda mungkin tidak mempunyai efek pada maverick. Jangan mengekspektasikan mereka untuk merespon permintaan. Dengarkankanlah keinginan para maverick dengan menanyakan banyak pertanyaan. Hal ini juga berarti menunjukan anda menilai kontribusi nya.

3. Feedback
Mavericks tidak bertujuan untuk obstructive. Karena alas an ini, sangat penting bahwa mereka menerima feedback yang berfokus pada bagaimana mereka melakukannya. Cara terbaik untuk mengkomunikasikan feedback pada maverick adalah mengatakan mengenai prinsip mendasar dan nilai kemudian berpindah pada hal yang spesifik.
Feedback tidak hanya mengenai prilaku yang negative dan manager membutuhkan untuk mengetahui bahwa kontribusi keanehan mereka diapresiasikan dan dinilai. Jika anda ingin maverick berkontribusi secara positif, anda membutuhkan mereka untuk mengetahui.

4. Berhadapan dengan keburukan
Jika maverick anda buruk atau tidak mempunyai keahlian serta tidak kompeten, anda menghadapi problem kinerja yang harus di selesaikan. Hal ini akan meracuni organisasi. Sehingga orang-orang seperti ini harus selalu diselesaikan masalahnya.

5. Pemenang dan proteksi
Ingatlah bahwa para maverick cenderung untuk tidak bergantung pada group tertentu, dan sehingga tidak menerima dukungan yang banyak. Mereka lebih bergantung pada kekuatan fikiran mereka dibandingkan dukungan social. Jika anda menilai kontribusi positif dari maverick anda, anda membutuhkan untuk menggariskan kontribusi ini pada pekerja yang konvensional. Menunujukan nilai dan ide kreatif mereka, meskipun jika anda tidak menyukaunya.

6. Tentukan batas
Maverick membutuhkan untuk mengetahui tujuan organisasi. Bantulah para maverick untuk berfokus pada tujuan.

Demikianlah keenam cara yang dapat dilakukan untuk mengelola maverick employee menjadi pekerja yang berguna dan sangat bermanfaat bagi perusahaan anda.

No comments: