Tuesday, January 19, 2010

TOEFL dan GRE gratis


Mau meningkatkan nilai TOEFL? Download dari internet adalah salah satu alternatif untuk mendapatkan beragam soal-soal TOEFL. Sebenarnya tak susah mencari soal-soal TOEFL. Sekedar berbagi pengalaman. Tiga bulan sebelum tes GRE saya rajin download soal-soal GRE. Tak hanya soal dari www.ets.org, namun soal dari berbagai sumber, seperti Kaplan, Barron, Cambridge, Arco dan lain-lain.

Syaratnya adalah akses internet yang cukup cepat. Maklum, ukuran file rata-rata besar. Ada yang hanya 5 MB. Namun ada yang mencapai 80 MB sehingga harus ditinggal semalam.

Karena saya termasuk golongan orang berkantong tipis (hehehe..^-^) maka saya harus rajin-rajin mencari soal GRE dari internet. Banyak contoh-contoh soal GRE yang didapat. Modalnya cuma satu, yaitu Mbah Google. Asal rajin-rajin browsing. Demikian pula dengan TOEFL. Asal rajin-rajin download.

Hm…saya bantu dengan beberapa kata kunci. Biasanya keyword yang digunakan ‘GRE download free’ atau ‘TOEFL download free’ maka akan muncul puluhan website yang akan membimbing kita.

Ada pula web yang dapat langsung Anda gunakan semacam http://rapidlibrary.com/ , http://rapidshare.com/ , http://www.megaupload.com/ atau puluhan situs upload. Disitu tinggal cari saja dengan mengetikkan seperti ‘TOEFL listening’ maka akan muncul contoh-contoh file tentang TOEFL listening.

Sebagai contoh, saya mengetikkan ‘TOEFL listening’ pada http://rapidlibrary.com/ untuk mencari soal-soal tentang listening. Maka muncullah : http://rapidlibrary.com/index.php?q=toefl+listening+&filetype=0

Terdapat belasan file yang bisa diunduh dengan ukuran 36 MB hingga 100 MB.

Syarat kedua : Sabar…sabar…dan sabar… jika lemot. Hehehe

Selamat berjuang!

No comments: